Jumat, 09 September 2016

Mengenal Filsafat




Source pict : http://www.cardiff.ac.uk/english-communication-philosophy/research/themes/philosophy


Untuk membuka entri awal blog ini, saya akan mengajak kalian semua untuk mengenal apa itu filsafat. Sebagaimana yang terjadi, filsafat ini adalah sebuah kata yang sudah tak asing didengar oleh telinga. Banyak orang yang beranggapan filsafat itu ilmu yang menyeramkan dan terlalu menakutkan untuk dipelajari secara bebas, namun tak sedikit juga orang yang antusias dalam mendalami ilmu filsafat ini. Nah, maka dari itu ada baiknya sebelum men-jugde suatu hal kita mengenal terlebih dahulu apa itu filsafat.


Apa itu filsafat atau filosofi?

Secara etimologi, kata falsafah atau filsafat dalam bahasa indonesia merupakan kata serapan dari bahasa arab فلسفة, yang juga diambil dari bahasa yunani ; Φιλοσοφία philosophia. Dalam bahasa ini, kata ini merupakan kata majemuk, dan berasal dari kata-kata (philia = persahabatan, cinta dsb.) dan (sophia = "kebijaksanaan"). Sehingga arti harafiahnya adalah seorang “pencinta kebijaksanaan”. Sedangkan Kata filosofi yang dipungut dari bahasa Belanda juga dikenal di Indonesia. Bentuk terakhir ini lebih mirip dengan aslinya. Dalam bahasa Indonesia seseorang yang mendalami bidang falsafah disebut 'filsuf'.

Adapun dasar pengertian filsafat diambil dari kata 'philosohia' atau 'philoshopos' dari bahasa Yunani yang diartikan sebagai cinta dan kebijaksanaan. Maka dapat diartikan bahwa filsafat adalah kecintaan pada ilmu pengetahuan serta kebijaksanaan. Dilansir dari wikipedia.org, filsafat adalah studi tentang seluruh fenomena pemikiran manusia secara kritis, dan dijabarkan dalam konsep mendasar.Ilmu filsafat ini tidak dialami dan ditelusuri dengan eksperimen-eksperimen melainkan dengan mencari masalah dalam kehidupan sehari-hari yang percis yang kemudian ditelaah asal usul masalah hingga ditemukannya solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut. Sehingga dapat disimpulkan bahwa filsafat adalah landasan dari segala perkara yang ada, sehingga jika salah maka akan berbahaya atau merugikan.

Menurut Sadullah dalam bukunya yang berjudul Filsafat Pendidikan (2004:17), Filsafat dapat dipelajari secara akademis. Filsafat juga dapat diartikan secara kritis hingga ke akarnya mengenai segala sesuatu yang ada lewat sebuah konsep tentang alam semesta secara sistematis dan inklusif. Oleh karena itu, dalam memahaminya membutuhkan intelegensi yang lebih tinggi dibanding memahami ilmu sains.

Nah, itulah bahasan tentang pengertian filsafat. Mau tau lebih lanjut mengenai filsafat dan segala yang berhubungan dengan filsafat ? Just stay tune ^_^


Referensi :

wikipedia.org

Sadulloh,Uyoh.2004.Pengantar Filsafat Pendidikan.Bumi Siliwangi: CV. Alfabeta

0 komentar:

Posting Komentar

 
;