Sabtu, 08 Oktober 2016

Filosofi Hidup : Menulis Diatas Pasir itu Mudah

Sebuah filosofi hidup: menulis diatas pasir itu mudah. Tinggal ambil ranting kemudian buatlah sebuah tulisan. Kita bisa menulis sesuatu yang indah. Bahkan bukan hanya tulisan, istana pasir pun bisa dibuat dengan mudah.

Tahukah kamu, ada sesuatu dibalik kemudahan itu. Menulis diatas pasir memang mudah, tetapi mudah juga terhapus. Sapuan ombak lain, langsung menghapus tulisan indah yang sudah dibuat. Bahkan angin pun bisa menghapusnya.

lalu apa hikmah dari filosofi hidup ini?Usaha dan hasil selalu berbanding lurus. Ya, kita tidak bisa bermimpi untuk mendapatkan hasil yang bagus atau hebat tetapi dengan cara yang mudah. Untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik, tentu diperlukan usaha yang lebih besar. Bagai menulis diatas pasir itu semudah menghapusnya.

Pepatah ini berbanding terbalik dengan belajar diwaktu kecil bagai mengukir diatas batu. Bayangkan jika kita mengukir diatas sebuah batu, maka ukiran kita akan tetap terjaga hingga bertahun-tahun, contohnya prasasti. dalam prsasti terukir jutaan sejarah kisah masa lampau yang tetap terekam meski sudah beribu tahun lamanya.Dan begitu pun dengan ilmu dan usaha kita, jika kita ukir usaha kita diatas batu maka hasilnya akan berbeda dengan apa yang kita ukir diatas pasir. Ya, jika dilihat dari usahanya tentu sangat terlihat jelas bahwa menulis diatas batu jauh lebih sulit dibanding menulis diatas pasir.

Oleh karena itu, untuk suatu hasil yang besar maka diperlukan usaha yang besar pula. Karena dengan usaha yang kecil hasil yang diperoleh pun tak akan sebesar yang kita harapkan. Jikalau dengan usaha kecil mendapatkan hasil yang besar, kemungkinan hasil itu tak bertahan lama, hingga akhirnya akan mudah terhapus dan hilang.





Referensi : http://www.motivasi-islami.com/menulis-diatas-pasir/

0 komentar:

Posting Komentar

 
;