Sabtu, 08 Oktober 2016

Relasi antara Filsafat dan Pendidikan

Source pict : http://www.satuharapan.com/life/manusia-masa-kini-berumur-maksimal-115-tahun


Filsafat adalah hasil pemikiran dan perenungan secara mendalam tentang sesuatu sampai keakar-akarnya. Sesuatu disini dapat berarti terbatas dan dapat pula berarti tidak terbatas. Bila berarti terbatas, filsafat membatasi diri akan hal tertentu saja. Bila berarti tidak terbatas, filsafat membahas segala sesuatu yang ada dialam ini yang sering dikatakan filsafat umum. Sementara itu filsafat yang terbatas adalah filsafat ilmu, filsafat pendidikan, filsafat seni dan lain-lainnya.
Sedangkan pendidikan merupakan aspek penting dalam kehidupan. Dimana kedudukan pendidikan paling tinggi dibanding bidang lainnya. Dengan pendidikan kita dapat mengetahui berbagai informasi tentang apa yang ingin kita ketahui apalagi dewasa ini, media pendidikan sudah bertebaran dimana-mana, tak hanya melalui buku dan kegiatan formal saja, namun kita dengan mudah menemukan suatu informasi lewat media internet.

Lalu apa sih relasi antara filsafat dan pendidikan ?

Ya, keduanya sama-sama membahas tentang manusia. Dalam filsafat dipelajari cara berfikir kritis, segala bentuk realitas dan lain sebagainya. Yang mana segala aspek yang dipelajari itu berkenaan dengan manusia, manusia menjadi objek dari apa yang dipelajari dalam filsafat. Sedangkan pendidikan itu adalah subjek kemanusiaan itu sendiri. Keduanya mengkaji manusia sejak lahir sampai akhir hayatnya, yang mana ilmu pengetahuan tentang filsafat dan pendidikan dibuat berdasarkan fakta dan pengalaman dari sebuah kehidupan.

Adapun relasi antara filsafat dan pendidikan lainnya berdasarkan sebuah sumber terkait dengan persoalan logika, yaitu: logika formal yang dibangun atas prinsif koherensi, dan logika dialektis dibangun atas prinsip menerima dan membolehkan kontradiksi. Hubungan interakif antara filsafat dan pendidikan berlangsung dalam lingkaran kultural dan pada akhirnya menghasilkan apa yang disebut dengan filsafat pendidikan.


Referensi :

https://denovoidea.wordpress.com/2009/02/23/hubungan-filsafat-dan-pendidikan/

0 komentar:

Posting Komentar

 
;