Kamis, 20 Oktober 2016

Pentingkah Menerapkan Nilai-Nilai Pancasila ?

Pancasila yang kita kenal sebagai dasar negara Indonesia ini merupakan lambang dari pencerminan negara kita, negara Indonesia. Pancasila merupakan ciri khas negara kita, banyak pula nilai-nilai yang terkandung didalamnya. Dari lima dasar sila tersebut kita memiliki 5 nilai-nilai yang harus diterapkan. Kenapa ? Karena pancasila sebagai dasar negara kita, cerminan hidup kita, kita telah bersumpah bahwa kita adalah “Manusia Pancasila” yang berarti bahwa kita siap rela menjalankan apa-apa yang ada pada pancasila itu sendiri.
Seperti yang kita ketahui isi dari pancasila itu sendiri yang pertama tentang keesaan Tuhan, penerapan yang bisa kita lakukan adalah percaya adanya tuhan dan meyakini satu agama saja. Sedangkan di Indonesia ini, ada 5 agama yang telah disahkan di negara kita. Maka kita dilarang untuk tidak beragama atau sering disebut dengan Atheisme.

Sedangkan sila kedua maknanya menjadi manusia yang adil dan beradab, penerapan yang bisa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari antara lain berlaku adil, adil artinya melakukan atau membagikan segala sesuatu sesuai dengan porsinya bukan sesuai dengan jumlahnya.

Sila yang ketiga menerangkan tentang persatuan yang bermaksud kita sebagai warga Negara Kesatuan Republik Indonesia ini harus bersatu meskipun banyak sekali perbedaan di antara kita semua, meskipun berbeda suku, ras, maupun agama kita tetap harus bersatu, sesuai dengan semboyan negara kita “Bhineka Tunggal Ika” yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu tujuan.

Sila yang selanjutnya adalah sila keempat yang berbunyi Kerakyatan yang dipimpin oleh khidmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan” yang memiliki arti bahwa kerakyatan Indonesia harus dipimpin dengan kebijaksanaan dan mengedepankan permusyawaratan serta perwakilan. Maksudnya, yang memimpin Indonesia harus memiliki kebijaksanaan dalam mengurus negara , serta mendengarkan suara perwakilan rakyat Indonesia dan kemudian diadakannya musyawarah guna mencapai mufakat.

Sila yang terakhir berbunyi “keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia” nilai yang terkandung dalam sila tersebut yakni, setiap warga negara Indonesia berhak untuk mendapaatkan sebuah keadilan dari pemerintah.

Namun, dewasa ini masih banyak warga Indonesia yang belum paham dan tidak menerapkan pancasila sebagai dasar hidupnya. Hal itu terjadi karena kurangnya pemahaman tentang pendidikan pancasila, maka kita para mahasiswa yang berperan sebagai generasi muda penerus bangsa harus mencontohkan atau menjadi suri tauladan bagi rakyat Indonesia, dimulai dari diri sendiri dan dari lingkungan terdekat melalui hal kecil seperti rajin beribadah, menghargai pendapat orang lain, berteman dengan siapa pun tanpa memilih-milih, bermusyawarah untuk mencapai mufakat, bekerjasama dalam bergotong-royong dan masih banyak lagi. Dengan kebiasaan-kebiasaan tersebut diri kita akan tergerak untuk menggerakkan rakyat Indonesia sehingga Rakyat Indonesia pun mampu bergerak. Dengan demikian, harapannya tercipta kembali warga indonesia yang menanamkan arti “Manusia Pancasila” pada diri setiap insan di negara Indonesia ini. Agar negara Indonesia bisa terus berkembang dan berkembang hingga akhirnya menjadi negara maju yang terdepan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;