Sabtu, 01 Oktober 2016

Filosofi Semut Kecil yang Bernilai Besar

SEMUT- Salah satu serangga yang berukuran kecil, memiliki 6 kaki dan mencintai rasa manis. Kadang semut ini terlihat lemah karena tubuhnya yang amat kecil, namun siapa sangka dibalik tubuh kecilnya, ia menyimpan segudang teladan bagi makhluk lainnya.


1. Selalu berbagi pada sesama


Source pict :https://s4f1q.wordpress.com/2015/02/05/serial-mari-belajar-belajar-dari-semut/


Sebagaimana kita ketahui bahwa setiap makhluk membutuhkan makanan demi mempertahankan hidupnya, begitu pula dengan semut. Jika seekor semut berhasil menemukan makanan, maka ia tidak bergegas menghabiskannya melainkan segera memanggil kawan-kawannya untuk bersama menikmati makanan yang ditemukannya. Bagi mereka berbagi adalah bagian dari hidup mereka, mereka tidak lagi mengedepankan ego mereka untuk memiliki segalanya. Pelajaran yang dapat diambil dari poin pertama ini adalah sesama manusia hendaknya kita saling berbagi. Ketika Allah memberikan rizki yang lebih,  hendaknya kita tidak menghambur-hamburkannya melainkan dengan berbagi kepada sesama.


2. Senantiasa bersalaman ketika bertemu

source pict : http://terungkaplagi.blogspot.co.id/2015/07/alquran-sebut-semut-bisa-bicara-ilmuwan.html

Setiap makhluk adalah saudara, begitu pula dengan semut. Rasa kekeluargaan mereka patut ditiru, selain saling berbagi, mereka juga selalu menjaga silaturahim sesamanya. Setiap kali berjumpa mereka tak pernah terlewat untuk bertegur sapa dan bersalaman guna menjaga persaudaraanya. Poin kedua ini adalah salah contoh yang patut kita tiru dalam kehidupan sehari-hari guna menjaga silaturahim antara kita sesama manusia. Dalam sebuah hadist diriwayatkan :
“Barang siapa yang ingin dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi”. [Muttafaqun ‘alaihi].

3. Bekerja sama, one for all.

Source pict : http://www.kaskus.co.id/thread/52caf41338cb1777018b45e3/10-tabiat-manusia-yang-mirip-serangga/

Selalu ada ide kreatif yang muncul dari seekor semut kecil. Seperti gambar diatas, guna melewati sebuah jurang yang tinggi, mereka membutuhkan kerjasama yang kuat. Mereka tidak memikirkan untuk dapat menyebrang jurang itu sendirian, namun mereka bekerjasama demi kelancaran mereka bersama. Sungguh, mulianya hati mereka.

4. Berjalan maju dengan tujuan yang pasti
Source pict :http://www.kaskus.co.id/thread/51f55ded3dcb17ca37000000/mengapa-semut-jalan-berbaris/

Tahukah kamu, sekumpulan semut yang berjalan itu selalu berjalan maju kedepan apapun yang terjadi. Mereka pantang menyerah, mereka optimis dan selalu bersemangat dalam menerima kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi. Mereka juga tidak berputus asa dan mundur ketika dihadapkan dengan sebuah rintangan. Mereka tetap melangkah maju dan yakin karena mereka memiliki tujuan yang pasti dan pantang menyerah dalam meraihnya. Sama halnya dengan manusia, ketika kita memiliki sebuah tujuan yang pasti dan benar, maka lanjutkanlah perjalanan kita hingga sampai kepada apa yang kita tuju.

Nah, itulah beberapa poin yang dapat kita pelajari dari seekor semut kecil. Hikmah dari artikel ini adalah jangan sekali-kali menilai sesuatu dari bentuknya saja, namun kita harus ketahui isi dari sesuatu itu. Karena bisa jadi yang kita pandang jelek di luar, namun bagus didalam, yang kita pandang lemah di luar namun kuat didalam. Keep Husnudzon ^,^


Referensi :
Hadist Rasulullah
http://enwin.heck.in/filosofi-menarik-dari-seekor-semut.xhtml

0 komentar:

Posting Komentar

 
;