Rabu, 07 Desember 2016

Anotasi Bibliografi (Pendidikan Pancasila)

Muhammad Risal (2012). “Pendidikan Pancasila”. http://www.artikelbagus.com/2012/03/artikel-pendidikan-pancasila.html

Dalam artikel ini dijelaskan bahwa Pendidikan Pancasila adalah salah satu materi pelajaran moral yang ada di setiap bangku pendidikan. Mulai tingkat sekolah dasar hingga ke jenjang pendidikan tinggi, materi tersebut selalu diberikan. Tujuannya adalah untuk mengenalkan serta menanamkan nilai-nilai pancasila yang dianggap luhur agar bisa diamalkan oleh seluruh peserta didik.

Pendidikan Pancasila pada masa orde baru mulai diterapkan pada semua jenjang pendidikan dalam kegiatan penataran, mulai dari SD sampai dengan Perguruan Tinggi. Namun setelah zaman orde baru berganti, pendidikan pancasila dijadikan salah satu materi bahasan dalam pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, karena pancasila merupakan pedoman atau tolak ukur masyaraktat.

Dalam artikel tersebut juga disebutkan bahwa adanya pendidikan pancasila bertujuan untuk memenuhi nilai-nilai yang bermanfaat seperti menjadikan ketuhanan sebagai landasan seluruh manusia Indonesia, Ajaran untuk mengedepankan toleransi dalam setiap permasalahan dan perbedaan pendapat, menyelesaikan masalah dengan mufakat, serta diajarkan untuk berbuat adil.

Maka dari itu pendidikan pancasila merupakan pendidikan yang penting bagi setiap warga negara Indonesia, karena pancasila sebagai dasar negara Indonesia maka sebagai warga negara Indonesia wajib memahami pancasila, nilai-nilai yang terkandung didalamnya serta mengamalkan atau menjaddikan pancasila itu sendiri sebagai landasan tingkah laku serta tata hidup warga Indonesia. Meskipun pendidikan pancasila sekarang dimasukan kedalam bahasan pendidika kewarganegaraan seharusnya pendidikan pancasila itu sendiri tetap ditekankan bagi setiap warga negara, karena kebanyakan warga negara hanya mampu menyebutkan isi pancasila tanpa mengerti makna dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya, sehingga untuk mengamalkan pancasila itu sendiri lebih sulit.



0 komentar:

Posting Komentar

 
;