Minggu, 25 Desember 2016

Potret Banten Sebelum dan Sesudah Globalisasi

Contoh 8 item perubahan sosial yang nyata dalam kehidupan kita sehari-hari :

1. Teknologi

Perubahan teknologi begitu cepat terjadi. Zaman dahulu, teknologi sangat minim. Untuk memberikan informasi, bertukar kabar saja sangat sulit. Zaman dahulu untuk menanyakan kabar lewat surat, setelah surat telah kita buat, kita ergi ke kantor pos untuk mengirim surat kita, tapi surat yang dikirim itu pun lama sampai ke penerimanya bisa saja membutuhkan waktu kurang lebih 3 hari. Namun sekarang teknologi sudah semakin canggih. Bertukar kabar dan berbagi informasi sangatlah gampang. Bisa tinggal menelfon atau sms orang yang ingin kita hubungi. Malah sekarang sudah ada smartphone, cukup lewat whatssapp, bbm dan media sosial lainnya kita bisa dengan mudah bertukar informasi. Sekarang juga ada video call, jadi ketika kita menghubungi orang tersebut, kita bisa sambil menggunakan vdeo call tersebut untuk melihat keadaan orang yang kita telfon tersebut. Sekarang saja jika kita ingin mencari lokasi bisa menggunakan GPS yang bisa digunakan untuk menunjukkan jalan supaya lebih mudah.

2. Life style

Perubahan gaya hidup masyakarat indonesia yang ingin tampil cantik dan awet muda membuat industri kosmetik makin tinggi produksinya. Zaman dulu wanita hanya berdandan seadanya, mereka bersyukur atas apa yang Tuhan berikan kepada mereka. Namun sekarang dengan adanya perubahan sosial modernisasi, wanita cenderung lebih banyak menggunakan kosmetik untuk mempercantik diri mereka. Bahkan demi mendapatkan proses yang instan mereka berani melakukan hal yang berbahaya. Mereka berani melakukan operasi plastik yang memiliki banyak efek samping. Mereka ingin mengubah penampilan mereka seperti idola atau artisyang mereka idolakan. Padahal belum tentu operasi tersebut dapat berhasil dan tidak menyebabkan efek samping. Selain dari kosmetik, mereka juga berani tampil dengan fashion. Banyak sekali fashion yang mungkin terlihat aneh tapi itulah yang sebenernya trend masa kini. Jarang sekali sekarang fashion yang lebuh tertutup, malah lebih banyak fashion yang minim modelnya. Tapi itulah yang digemari mereka di masa kini.

3. Beverages dan food

Seiring dengan modernisasi dan westernisasi yang masuk ke Banten, beverages dan food juga mengalami perubahan. Zaman dahulu ana-anak bisa makan hanya dengan singkong atau ubi. Mereka paling senang masakan ibunya dirumah. Namun anak-anak zaman sekarang lebih suka makanan cepat saji atau junk food sepeeti mc donald, kfc dll. Orang tidak lagi memakan makanan demi memenuhi kebutuhan rasa lapar yang dialami, tetapi sekarang ini lebih didominasi oleh adanya rasa gengsi yang tinggi apabila makan di restoran terkenal yang merupakan produk luar negeri. Bahkan mereka mengganggap makanan yang dipinggir jalan itu sudah tidak higenis dan banyak campurannya. Jadi mereka lebih memilih makan makanan yang lebih elit.

4. Transportasi

Dahulu masyarakat Banten berpindah tempat dari tempat satu ke tempat yang lain menggunakan sepeda atau jalan kaki, mungkin sepeda bisa disebut sebagai kendaraan manusia zaman dahulu, seiring perkembangan zaman dan ditemukannya mobil dan motor, manusia pun beralih menggunakan mobil dan motor untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain karena lebih efesien.

5. Model transaksi

Zaman dahulu sebelum masyarakat mengenal uang, jual beli dilaksanakan dengan system barter. Lalu setelah mengenal uang, masyarakat melakukan jual beli menggunakan uang sebagai alat tukarnya. Proses ini biasanya terjadi di sebuah tempat yang disebut PASAR. Proses ini dilakukan dengan nyata, dalam arti penjual dan pembeli saling bertemu, dan pembeli juga dapat melihat barang yang dijual secara langsung.
Namun saat ini, dengan berkembangnya teknologi informasi, proses jual beli dapat dilakukan secara instan hanya dengan koneksi internet dengan e-commerce atau lewat HP. Penjual dan pembeli tidak perlu bertemu cukum dirumah, barang akan dikirim lewat pos atau dengan jasa pengiriman barang lainnya, dan pembayaran dilakukan dengan transfer uang melalui bank atau ATM. Model transaksi zaman sekarang dapat melalui koneksi internet, pembayaran dilakukan degan cara transfer uang melalui bank, ATM atau melalui paypal. Selain dengan internet komunikasi juga dapat dilakukan dengan Hp

6. Struktur Sosial

Tahap awal dari proses terbentuknya struktur sosial masyarakat, secara mendasar bersamaan dengan proses terbentuknya masyarakat tersebut. Pada awalnya ketika manusia masih hidup berpindah-pindah dan bergerombol membentuk kelompok-kelompok etnis,struktur sosial seolah-olah hanya berfungsi sebagai sarana pembagian tugas untuk menyelenggarakan kehidupan bersam adalam kelompok itu.Proses awal ini terus-menerus mengalami perkembangan, sehingga masyarakat tersebut menjadi suku bangsa dalam jumlah besar dan bahkan menjadi bangsa yang besar. Dalam tahap awal, struktur sosial telah terbentuk sebagai sarana pengaturan tata hubungan antarindividu dalam masyarakat. Masyaraka tterus-menerus mengalami perubahan yang disebabkan oleh pengaruh intern maupun pengaruh ekstern. Perubahan ini dapat menimbulkan inkulturasi(pembudayaan) untuk mengakomodasi keadaan yang muncul atau dapat menimbulkan destrukturasi akibat adanya pergolakan ataupun revolusi sosial. Disinilah struktur sosial akan bergerak dan berubah menuju perkembangan yanglebih baik. Struktur sosial ini berisi susunan kedudukan dan peran orang-orang dalam masyarakat baik dalam dimensi vertikal maupun dalam dimensi horizontal.
Pada dasarnya struktur sosial suatu masyarakat akan terus mengalami perkembangan, karena mendapatkan masukan atau pengaruh dari struktur-struktur masyarakat yang lain.Proses perubahan ini memungkinkan terjadinya kesesuaian yang lebih baik dan yang sesuai dengan tingka tperadaban masyarakat Contoh perubahan dari tahap awal ke tahap perkembangan adalah pada masyarakat yang berbudaya primitif, kehidupan berkelompok merupakan kebutuhan bersama yang berproses secara alamiah untuk bertahan hidup. Disinilah awal tumbuhnya struktur sosial yang berdasar hukum alam. Makin berkembangnya peradaban masyarakat yang didukung oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menyebabkan masyarakat juga mengalamiperkembangan ke arah struktur sosial yang lebih efektif. Dalam proses perkembangan struktur sosial inilah terjadi pula proses perubahan dan penyempurnaan secara hierarki, baik dalam pembagian status dan peran maupun dalam struktur kekuasaan dan wewenang.

7. Pendidikan
Pendidikan merupakan hal terpenting pada setiap orang karena dengan pendidikan orang bisa mencapai kualitas dalam hidupnya. Dan dengan pendidikan pula kita bisa menciptakan manusia manusia yang berakhlak baik dan cerdas. Dan kini pendidikan dari tahun ke tahun selalu mengalami perubahan. Banyak perubahan dari zaman dahulu hinga zaman sekarang dan sebagai contohnya, tujuan utama dari pendidikan sekarang bukanlah demi orang tua, nilai yang tinggi , diri sendiri ataupun guru namun saat ini yang ingin dicapai dari sekolah ialah mendapat manfaat yang bisa dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari. Cara mengajar guru pada murid pada masa lampau masih mengunakan papan tulis dan kapur untuk menjelaskan materi materi yang diberikan oleh guru sedangkan murid mengunakan pena pensil dan buku untuk menerima materi yang diberikan oleh guru dan yang diajarkan pada saat ini masih tentang mengajarkan nilai-nilai kehidupan pada seorang anak manusia namun zaman sekarang alat-alat yang digunakan sudah mengunakan alat elektronik seperti infokus, laptop untuk menjelaskan materi-materi yang diberikan pada murid. Siswa kini tidak perlu menulis materi yang diberikan cukup memahami dan mendengarkan apa yang diterangkan oleh pengajar. Zaman dahulu sekolah juga harus bertatap muka langsung, namun zaman sekarang akibat adanya modernisasi pendidikan dapat dilakukan lewat internet/e-learning. Bahkan ada yang tidak perlu datang ke sekolah, pendidikannya bisa dilakukan dirumah namanya home schooling.

8. Politik
Pada masa pemerintahan Soeharto, tidak ada orang yang berani menentang kekuasaannya dengan cara berdemo. Akan tetapi dimasa sekarang akibat terjadinya modernisasi dan lahirnya politik masa kini bermunculan partai-partai baru sehingga masyarakat lebih bebas mengeluarkan aspirasinya. Hal ini ditunjukkan dengan tingginya keinginan masyarakat untuk berpartisipasi dan terjun lansgung ke dunia pilitik. Banyak orang juga yang bebas berdemonstrasi tanpa takut menerima sanksi dari pemerintah yang sedang berkuasa.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;