Jumat, 16 Desember 2016

Anotasi Bibliografi : Mengapa Pancasila begitu penting?

Yudi Latif (2011). ‘‘Mengapa Pancasila begitu penting?” http://edukasi.kompas.com/read/2011/05/13/09094829/mengapa.pancasila.begitu.penting


Didalam artikel ini deterangkan bahwa di muka Kongres Amerika Serikat, dalam kunjungan pertamanya ke negeri itu (16 Mei-3 Juni 1956), Bung Karno dengan kepercayaan diri yang tinggi berpidato menguraikan Pancasila.

Setiap sila disebutkan, hadirin bertepuk riuh, diakhiri dengan aplaus panjang. Tampak di sana, betapapun rumusan Pancasila itu digali dari bumi Indonesia, kandungan nilainya bisa diterima secara universal.

Keberanian Bung Karno mengampanyekan Pancasila kepada dunia kembali disampaikan dalam pidatonya di PBB, 30 September 1960, yang berjudul "To Build the World Anew". Ia menyangkal pendapat seorang filsuf Inggris, Bertrand Russel, yang membagi dunia ke dalam dua poros ideologis.

Maka dari itu kedudukan pancasila sangatlah penting bagi bangsa dan negara Indonesia, setiap nilai yang terkandung didalamnya memiliki arti yang mencerminkan bangsa Indonesia. Dimulai dari sila pertama sampai sila terakhir. Namun masih banyak warga Indonesia sendiri yang melanggar atau tidak mengamalkan pancasila, meremehkan sehingga kedudukan pancasila menjadi suatu hal yang tidak penting. Misalnya , dari sial ketiga bunyinya “Persatuan Indonesia” namun, masih banyak warga Indonesia khususnya pelajar Indonesia yang berkelahi atau tawuran, padahal di sekolahnya diajarkan pelajaran pendidikan pancasila, namun pendidikan pancasila dianggap sebatas pelajaran bukan suatu landasan hidup yang harus dikerjakan, sikap dan demikian itu berarti tidak mengamalkan pancasila, seharusnya dari sila ketiga tersebut kita diperintahkan untuk saling menghargai, bekerjasama antar bangsa Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;