Menurut Winkel (1989:36) “Belajar adalah suatu aktivitas mental/psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungannya, yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan-pemahaman, keterampilan nilai dan sikap. Perubahan itu bersifat secara relatif dan singkat”, sehingga perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, keterampilan nilai dan sikap menjadi tanda bahwa proses belajar itu telah terjadi.
Belajar tidak hanya dilakukan di dalam sebuah ruangan kelas. Melainkan bisa juga melalui alam sekitar karena belajar merupakan upaya seseorang dalam menyerap segala bentu informasi yang diterima dan dihadapkan padanya. Yang mana belajar adalah salah satu bentuk dari pendidikan yang bertujuan untuk membentuk pribadi yang berkarakter sesuai dengan UU No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
Karena belajar merupakan cara untuk mendapatkan pendidikan. Maka tujuan belajar salah satunya ialah untuk merealisasikan tujuan pendidikan. Tujuan pendidikan itu sendiri sudah tercantum dalam UU No. 20 Tahun 2003 pasal 3 tentang Sistem Pendidikan Nasional, disebuntukan bahwa Pendidikan bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Sehingga nilai keimanan, ketakwaan, akhlak mulia, kreatif, kemandirian dan kewarganegaraan harus diaplikasikan dalam pendidikan di Indonesia. Yang berarti bahwa pendidikan bertujuan untuk mencetak pribadi yang berkarakter
Referensi :
Andriansyah. (2010). Hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS SMP Islam YKS Depok.Depok http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/3856/1/ANDRIANSYAH-FITK.pdf .Diunduh pada 14/05/2016 pukul:09.39 Djamarah, S. B. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Asdi Mahastya.
0 komentar:
Posting Komentar