Kamis, 22 Desember 2016

Hakikat Masyarakat

Dalam bahasa inggris masyarakat adalah society yang pengertiannya mencakup interaksi sosial, perubahan sosial, dan rasa kebersamaan. Istilah masyarakat di sebut pula sistem sosial (Maftuhin, dkk. 2016: 39).

Selo Soermadjan mengemukakan bahwa masyarakat adalah orang-orang yang hidup bersama. Menurut J.L. Gilin dan J.P. Gilin, bahwa masyarakat adalah kelompok yang tersebar dengan perasaan persatuan yang sama.

Max Weber menjelaskan pengertian masyarakat sebagai suatu struktur atau aksi yang pada pokoknya ditentukan oleh harapan dan nilai-nilai yang dominan pada warganya (Maftuhin, dkk, 2016:36)

Masyarakat merupakan sejumlah manusia atau sekumpulan orang yang terdiri dari berbagai kalangan yang tinggal dalam satu wilayah, masyarakat memiliki struktur dan memiliki kepentingan yang sama, masyarakat yang dikemukakan oleh Koenjraningrat merupakan satu kesatuan manusia yang saling berinteraksi menurut aturan atau sistem adat istiadat tertentu yang bersifat continue yang biasa disebut berkelanjutan dan yang terikat oleh suatu rasa identitas bersama.

Ciri-ciri suatu masyarakat menurut Maftuhin, dkk (2016:36) pada umumnya sebagai berikut :

a. Manusia yang hidup bersama sekurang-kurangnya terdiri atas dua orang.

b. Bergaul dalam waktu cukup lama. Sebagai akibat hidup bersama itu, timbul sistem komunikasi dan peratuan-peraturan yang mengatur hubungan antar manusia.

c. Sadar bahwa mereka adalah satu kesatuan.

d. Merupakan suatu sistem hidup bersama. Sistem kehidupan bersama menimbulkan kebudayaan karena mereka merasa dirinya terkait satu dengan yang lain.


Referensi :
Maftuhin, dkk. (2016). Pendidikan Sosial Budaya. Bandung: CV. Maulana Media Grafika.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;